Blog Mengulas Tentang Kesehatan, Kuliner, Otomotif ,Teknologi, Travel, Properti, Olahraga, Tips, Fashion, Kecantikan, Elektronik, Pets dan Lain - Lain Terbaru

Apa Itu Ebilling? Yuk, Simak Penjelasannya Disini

Seiring perkembangan teknologi, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memudahkan wajib pajak menunaikan kewajiban membayar pajak, salah satunya lewat Ebilling. Mungkin bagi sebagian orang, istilah sistem pembayaran pajak secara elektronik ini masih kurang familiar, maka simak pembahasan berikut ini.


Sekilas tentang E-billing

E-billing adalah sistem membayar pajak secara online yang diciptakan Dirjen Pajak, untuk memudahkan wajib pajak membayar pajak. Adanya fasilitas ini membuat masyarakat tidak perlu menunaikan pajaknya lewat media Surat Setoran Pajak (SSP). 

Melalui sistem ini, Anda bisa membayar pajak dimanapun, melalui ponsel yang terkoneksi dengan internet. Jadi, membayar pajak tidak harus pergi ke Kantor Pelayanan Pajak. Sebelum membayar pajak melalui sistem ini, Anda harus membuat kode billing terlebih dahulu. 

Agar bisa menggunakan fasilitas yang disediakan Ebilling pajak, ada beberapa persyaratan serta ketentuan yang harus dipenuhi. Pertama, registrasi akun e-Billing pajak Surat Setoran Elektronik (SSE). 

Untuk membuat akun e-Billing SSE, Anda memerlukan NPWP, pastikan telah mempunyai kartu NPWP, jika ingin membuat akun ini. Kedua, membuat kode ID e-Billing pajak, Anda bisa mengikuti instruksi yang ada dalam laman pembuatan kode ID billing pajak. 

Ketiga, mencetak kode ID e-Billing pajak yang telah dibuat. Jika kode ID billing pajak sudah ada, maka tagihan pajak sudah bisa Anda bayarkan. 

Membuat Kode Billing memakai Akun DJP Online
Agar dapat memperoleh kode billing melalui DJP online, maka wajib pajak harus mempunyai akun DJP online. Sebab, kode billing tidak bisa didapatkan, jika Anda tidak mempunyai akun DJP online. 

Hal ini bisa diatasi dengan mengunjungi KPP terdekat, kemudian meminta nomor e-fin, yang dibutuhkan dalam pendaftaran akun DJP online. Jika telah memiliki akun DJP, kunjungi https://djponline.pajak.go.id/account/login, untuk login, kemudian input nomor NPWP, kata sandi serta kode keamanan. 

Pilih menu bayar, lalu ebilling, nantinya data NPWP, nama dan alamat akan muncul dan telah terisi otomatis. Anda bisa melengkapi informasi yang masih kosong, selanjutnya pilih buat kode billing, input kode keamanan. 

Jangan lupa mengecek tampilan preview, jika sudah benar, klik cetak dan kode Ebilling selesai dibuat. 

Membuat Kode Billing tanpa Akun DJP Online
Tanpa akun DJP online, Anda bisa membuat kode billing dengan mengunjungi https://sse3.pajak.go.id/, kemudian pilih tulisan “Belum punya akun?”. Selanjutnya, isi data diri untuk wajib pajak, seperti nomor NPWP, nama, email, PIN serta kode keamanan, kemudian pilih daftar. 

Setelahnya, Anda bisa mengaktivasi akun dengan memeriksa email yang didaftarkan sebelumnya. Ketika memperoleh email dari pajak.go.id, bisa dibuka dan klik link tautan yang tertera dalam badan email. 

Ketika akun sudah berhasil dibuat, Anda bisa mengunjungi kembali https://sse3.pajak.go.id/ kemudian masukkan nomor NPWP. Masukkan juga password yang telah dibuat dan kode keamanan pada bagian bawah kotak. 

Selanjutnya, pilih tab warna hijau dan tertera tulisan Isi SSE, kemudian lengkapi form surat setoran elektronik. Anda bisa memilih jenis pajak, masa pajak, tahun pajak, isi nominal pajak yang akan disetorkan. 

Isi kolom uraian, jika ada informasi tambahan yang ingin disampaikan, lalu pilih simpan. Nantinya, dua kotak dialog konfirmasi muncul, pilihan Ya bagi kotak dialog pertama, sementara opsi Ok bagi kotak dialog kedua. 

Ada halaman baru yang memiliki dua tombol perintah, kotak hijau, ubah SSP, jika ingin mengubah data yang telah dimasukkan. Sementara, kotak ungu, kode billing, dipilih agar bisa melanjutkan proses. 

Ketika memilih kode billing, pemberitaan kode billing telah dibuat lewat kemunculan kotak dialog baru, selanjutnya klik Ok. Laman selanjutnya menyajikan informasi mengenai kode billing serta masa berlakunya. 

Cara Membayar Pajak Lewat E-billing
Seperti yang diketahui, pembayaran pajak dengan Ebilling bisa dilakukan lewat website djponline.pajak.go.id. Jika telah memiliki akun DJP online, setelah login dengan memasukkan nomor NPWP dan kata sandi, kemudian pilih e-Billing system. 

Perlu diingat bahwa pajak bisa dibayarkan secara online, jika Anda sudah memiliki kode billing. Anda bisa membayarkan pajak lewat ATM, bank, serta m-banking dengan memasukkan kode billing.

Sistem pembayaran pajak Ebilling menjadikan pembayaran pajak lebih fleksibel, karena tidak perlu datang ke KPP. Silakan mengunjungi www.pajak.go.id atau menghubungi kring pajak 1500200, untuk memperoleh informasi lebih detail mengenai pajak. 

Related : Apa Itu Ebilling? Yuk, Simak Penjelasannya Disini